>

Pertumbuhan Ikan Tidak Seragam

Pertumbuhan Ikan Tidak Seragam
Hallo sahabat Agribisnis Agrokompleks, Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi tentang Pertumbuhan Ikan Tidak Seragam, mudah-mudahan isi postingan Artikel Perikanan, bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Baca juga


Penyebab Pertumbuhan Ikan Tidak Seragam - Biasa kita temui selalu ada saja pertumbuhan ikan yang berada di dalam satu kolam yang tidak seragam. Hal itu dapat membuat pada saat waktu panen, ikan yang diangkat dari kolam akan memiliki beragam ukuran.
Pertumbuhan Ikan Tidak Seragam

Permasalah itu merupakan sebuah kerugian tersendiri untuk para pembudidaya ikan, dikarenakan harga untuk ikan yang berukuran kecil jauh berbeda dengan ikan yang berukuran besar.

Kondisi seperti ini bisa saja terjadi terhadap jenis ikan apa saja, entah itu ikan air laut ataupun ikan air tawar, baik saat berada dalam tahap pendederan ataupun pembesaran.

Perlu kita ketahui bahwa ada beragam faktor yang merupakan penyebab dari tidak seragamnya ukuran ikan di kolam kita.

Masalah Stok Makanan Berada Dalam Jumlah yang Tidak Mencukupi

Apabila makanan yang kita sediakan jumlahnya kurang maka akan terdapat beberapa ikan yang tidak mendapatkan cukup makanan dikarenakan ikan tersebut kalah di dalam persaingan.

Akibat dari hal tersebut yaitu ada beberapa ikan yang pertumbuhannya menjadi terhambat, apalagi saat berada dalam kondisi yang ekstrem ikan-ikan yang ukurannya jauh lebih kecil dapat terkena serangan oleh ikan yang ukurannya jauh lebih besar sehingga ikan tersebut dapat mengalami luka-luka bahkan bisa menyebabkan adanya kematian.

Lalu bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Salah satu caranya yaitu denga menambah makan, dengan cara melakukan pemupukan pada kolam atau dengan memberikan jumah yang lebih banyak untuk jenis pelet (makanan buatan).

Namun apabila terdapat perbedaan terhadap ukuran ikan kecil juga besar telah terlanjur terlihat mencolok maka ikan-ikan yang berukuran kecil secepetnya harus segera dipisahkan dari ikan besar.

Lalu dipelihara di dalam kolam yang terpisah jadi ikan tersebut bisa mendapatkan waktu agar dapat tumbuh dan bekembang dengan lebih baik.

Adanya Faktor Genetik atau Keturunan

Biasanya didalam satu kelompok (populasi) ikan yang merupakan berasal dari proses pemijahan yang sama (dapat dalam beberapa induk) biasanya akan ditemukan sekitar 10 sampai 20 % ikan yang mempunyai pertumbuhan jauh lebih lambat dibandingkan yang lainnya.

Namun sebaliknya akan ditemukan ikan yang proses pertumbuhannya jauh lebih cepat jika dilihat dari rata-rata yang sekolam.

Oleh sebab itulah perlu adanya tindakan untuk memisahkan ukuran (sortir/grading) pada ikan saat berada dalam tahap pendederan.

Tahap grading sendiri dilakukan agar dapat memilah ikan yang mana saja yang dapat tumbuh jauh lebih cepat dan mana saja ikan-ikan yang mengalami pertumbuhan yang lambat.

Jika menemukan ikan yang mengalami pertumbuhan jauh lebih cepat maka ikan tersebut akan mencapai ukuran sebar pada waktu yang sangat singkat jadi ikan tersebut bisa dijual lebih cepat.

Sedangkan, untuk pembudidaya yang bergerak di pembesaran ikan kelompok tersebut biasanya dipanggil sortiran pertama, yang selanjutnya dapat dijual dengan mematok harga yang lebih tinggi daripada harga benih ikan yang berukuran biasa.

Lalu untuk kelompok terakhir yaitu ikan-ikan yang mengalami pertumbuhan yang lambat, ada baiknya agar ikan tersebut tidak dijual untuk dijadikan benih karena dengan pertumbuhannya yang lambat dapat merugikan anda selaku pembudidaya.

Apabila tahap grading ini tidak dilaksanakan saat berada dalam tahap pendederan maka dapat dipastikan bahwa ukuran beragam disebabkan oleh faktor genetik yang dimana faktor tersebut akan selalu berlanjut hingga pada tahap pembesaran.

Bahkan ada saatnya ketika tahap pendederan keragaman ukuran tersebut tidak terlihat sangat mencolok jadi anda akan semakin mendapatkan kesulitan saat akan melakukan grading.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Pertumbuhan Ikan Tidak Seragam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel