>

Perawatan Lovebird Untuk Lomba dan Sesudah Lomba

Perawatan Lovebird Untuk Lomba dan Sesudah Lomba
Hallo sahabat Agribisnis Agrokompleks, Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi tentang Perawatan Lovebird Untuk Lomba dan Sesudah Lomba, mudah-mudahan isi postingan Artikel Peternakan, bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Baca juga


Perawatan Lovebird Untuk Lomba dan Sesudah Lomba - Cara perawatan lovebird yang akan digunakan untuk lomba dan sesudah lomba sedikit berbeda dengan cara perawatan lovebird sehari-hari.
Perawatan Lovebird Untuk Lomba dan Sesudah Lomba

Tujuan dari perawatan ini adalah kita dapat mengatur seberapa tinggi tingkat birahi si burung tersebut dan selain birahi, kita juga dapat menjaga agar stamina burung agar fit pada saat perlombaan.

Berikut time schedule yang dapat anda gunakan :
  • H-6 sebelum lomba, burung mulai diisolasi, jangan di campur dengan burung lain, bahkan melihat atau mendengarkan burung lain, diusahakan jangan.
  • Pada H-3 sebelum lomba, anda dapat menambahkan biji-bijian Extra Fooding pada makanannya
  • Pada H-2, waktu penjemuran maksimal 20 menit.
  • Satu jam sebelum waktu perlombaan, burung dapat dikasih makan kangkung yang masih segar.

Selain hal di atas, ada juga beberapa hal yang patut di coba untuk meningkatkan birahi lovebird, diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Suasana kandang yang tenang, aman, dan nyaman. Terbebas dari gangguan cicak, tokek, kucing, tikus, dan saudara-saudaranya.
  • Kebersihan kandang menjadi point yang cukup penting, karena apabila kandang tidak bersih, maka dapat mengundang penyakit, misal : sisa-sisa makanan yang masih basah, apabila tidak langsung di bersihkan maka akan menempel di kandang, dan lama-lama akan membusuk, dan mengundang penyakit.
  • Kualitas makanan lovebird juga harus di perhatikan. Pada time schedule yang sudah di jelaskan di atas, itu hanyalah makanan penambah untuk mendongkrak birahi dan stamina.

Perawatan Lovebird Setelah Lomba

Perawatan ini sebenarnya bertujuan untuk memulihkan kembali stamina dan kondisi lovebird, karena pada saat sebelum perlombaan kita sudah mengontrol terhadap stamina dan birahinya.

Maka untuk sekarang kita akan kembalikan stamina dan birahi lovebird ke dalam bentuk standard, berikut beberapa tipsnya :
  • Perawatan dan pola makan di kembalikan ke cara perawatan sehari-hari yang sudah saya bahas sebelumnya.
  • H+1 sesudah lomba, anda dapat menambahkan vitamin pada minumannya.
  • H+3 sesudah lomba, waktu penjemuran cukup 30 menit.

Cara Perawatan Lovebird Pada Masa Mabung

Sebagai penggemar burung, anda sudah pasti familiar dengan kata mabun. Mabung adalah proses rontoknya bulu pada burung, dan hal ini sudah wajar terjadi.

Pada masa ini, burung memerlukan perawatan yang ekstra, karena apabila kita melakukan sedikit kesalahan, maka burung yang kita sayangi akan menjadi rusak.

Kenapa burung yang sedang mengalami masa mabung perlu perawatan ekstra? Karena proses metabolisme tubuh seekor burung yang sedang mengalami masa mabung akan meningkat sebesar 40% dari keadaan normal.

Ketika proses metabolisme meningkat, otomatis burung lovebird juga membutuhkan asupan makanan yang lebih banyak pula.

Hal yang tidak boleh dilakukan pada seekor burung yang sedang mengalami masa mabung adalah mempertemukannya dengan burung yang sejenis.

Karena dapat mengakibatkan ketidakseimbangan hormone pada tubuh si burung, sehingga proses mabung akan terganggu.

Berikut Pola Perawatan yang Dapat Digunakan Pada Burung Mabung :
  • Waktu penjemuran maksimal 30 menit perhari.
  • Dimandikan 1x seminggu, itu sudah cukup.
  • Ditempatkan di tempat yang sepi, hening, jauh dari keramaian manusia.
  • Disarankan sangkar dalam keadaan di kerodong.
  • Penambahan bahan makanan tambahan sangat diperlukan untuk pembentukan sel dan pertumbuhan bulu. Anda dapat memberi menambahkan biji kacang hijau, biji bunga matahari, fumayin, atau buah-buahan segar.
  • Pemberian multivitamin yang dicampurkan ke dalam minumannya sebanyak 2x satu minggu.
  • Waktu yang tepat untuk melakukan pemasteran, karena pada saat mabung, biasanya burung hanya lebih banyak diam.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Perawatan Lovebird Untuk Lomba dan Sesudah Lomba"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel