Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menanam dan Merawat Kaktus

Menanam dan Merawat Kaktus - Kata kaktus berasal dari kata caktos yang artinya tanaman berduri. Di Indonesia, tanaman ini sudah cukup lama dikenal. Tanaman yan memiliki batang yang besar, berbulu dan berduri ini berasal dari Negara meksiko.

Cara Menanam dan Merawat Kaktus

Tanaman ini banyak mengandung air sehingga digolongkan kepada tumbuhan sekulen. Untuk mempertahankan hidupnya di daerah yang panas dan kering.

Maka kaktus tidak memiliki daun dan dapat menyimpan air pada batangnya. Kaktus salah satu tanaman yang memiliki banyak jenis, dari jenis-jenis kaktus ada terdapat hasil penyilangan spesies.

Diantaranya adalah Notocactus tubiflora cristata atau kaktus kentang, Mammillaria xantina atau disebut kaktus kendil, Gymnocalycium hanovichiivarred cap atau kaktus kepala merah, var black cap atau kepala hitam, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kaktus dapat dibedakan dari warna batang, bunga dan ukuran durinya. Jika dilihat dari bentuknya, bentuk kaktus ada yang bulat, bulat pipih, silinder hingga yang berbentuk seperti lonceng.

Warna batangnyapun beragam. Ada yang putih, ungu, merah, kuning, merah muda dan merah tua. Sedangkan durinya ada yang berwarna, lembut, panjang, pendek, dan yang lainnya.

Karena keindahannya itu maka kaktus banyak dibudidayakan, di bawah ini cara budidaya kaktus dan cara menanamnya.

Kaktus harus dibudidayakan di tempat yang sinar matahari dan sirkulasi udaranya baik karena daging kaktus yang tebal akan membusuk jika terlalu banyak air sehingga menjadi lembab.

Kaktus dapat diperbanyak melalui biji atau juga dapat dari anakan atau tunas dari menyemai sendiri. Kaktus bisa ditanam di tanah atau di dalam pot.

Jika langsung ditanam ditanah, maka komposisi media tanahnya harus cukup akan tanah liat, humus, dan pasir.

Namun, apabila ditanam dipot, media tanam yang digunakan campuran tanah liat, pasir, dan humus dengan perbandingan 2:2:1 dan ditambah bubuk kapur, batu bata dan bubuk tulang untuk menghilangkan rasa asam pada tanah sebab tanah yang kelebihan asam mengakibatkan tanaman tidak dapat tumbuh subur.

Namun, campuran tersebut tidak mutlak karena ada juga tanaman yang tidak dapat tumbuh dengan baik komposisi media ini. 

Setelah itu, tinggal masukkan biji atau tunahs yang disiapkan di tengah-tengah media. Kaktus akan berbunga setelah usia 3 tahun.

Post a Comment for "Cara Menanam dan Merawat Kaktus"