Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Budidaya Belimbing Manis Agar Hasil Maksimal

Budidaya Belimbing Manis Agar Hasil Maksimal - Ada beberapa cara yang harus kalian lakukan untuk budidaya belimbing manis agar hasilnya maksimal. Tahapan yang pertama adalah dengan melakukan pengolahan tanah. 

Cara Budidaya Belimbing Manis Agar Hasil Maksimal

Untuk melakukan pengolahan tanah kalian bisa mengolah tanah dengan cara dicangkul atau juga bisa dibajak. Tujuan utama dari untuk mencangkul atau membajak tanah tersebut adalah untuk memerbaiki kesuburan tanah.

Setelah dicangkul atau dibajak, buat lubang tanam dengan ukuran 60 cm x 60 cm x 50 cm dengan jarak lubang 5 meter dan sisa lahannya kalian bisa dibuat selokan. 

Pisahkan tanah galian lapisan atas dengan bagian bawah setebal 30 cm dan isi pupuk kompos matang sebanyak 40 kg lalu biarkan selama 3 minggu.

Tahapan selanjutnya adalah dengan menyiapkan bibit. Gunakan bibit yang berasal dari varietas unggul, yaitu yang berasal dari cara okulasi atau sambung pucuk. Selain itu, bibit jangan cacat, bebas penyakit dan tidak bercampur dengan varietas lainnya.

Kalian bisa melihat kondisi bibit dari varietas unggul seperti buahnya yang manis rasanya, mutunya tinggi, produksinya pun tinggi, tahan stress dan penyakit serta mampu beradaptasi di lokasi baru.

Untuk penanaman, kalian bisa menanam belimbing tersebut di lahan terbuka atau kebun, jika tinggi tanaman sudah mencapai 50-100 cm. 

Namun apabila bibit yang akan ditanam menggunakan polibag, maka polibag harus dibuka dahulu sebelum ditanam. Baru setelah itu, bibit dimasukkan ke dalam lubang tanam yang tersedia dengan catatan bibit harus berada tepat di tengah lubang.

Baru setelah itu lubang ditimbun tanah sambil ditekan ke bawah sampi kuat agar tanaman tidak mudah goyang ketika tertiup angin. 

Agar tanaman tidak stress, tanaman harus tetap disiram. Jika bibit yang ditanam hasil dari sambung pucuk atau okulasi maka batas sambungannnya harus terletak 5-10 cm di atas tanah.

Sekarang mengenai tahapan pemeliharannya. Siram tanaman setiap hari pada pagi dan sore hari, caranya dengan memberi lubang jarum pada sisi bawah botok bekas air mineral lalu isi air ¾ nya dan biarkan kosong bagian atasnya. Setelah itu, tancapkan ke dalam tanah.

Selain botol, kalian juga bisa menggunakan selang yang dilubangi sebesar jarum di sampingnya lalu dihubungkan dengan menara air. Untuk memberantas gulma, bisa dengan cara dicangkul atau digaruk asal jangan merusak tanaman.

Setelah itu, kalian pangkas tanaman belimbing agar tidak terlalu menjulang tinggi dan buang tunas yang terlalu rapat. Terakhir, lakukan penjarangan dengan membuang buah yang kerdil, bengkok atau cacat agar buah yang dihasilkan lebih berkualitas.

Post a Comment for "Cara Budidaya Belimbing Manis Agar Hasil Maksimal"