>

Peluang Bisnis Jahe Gajah yang Menguntungkan

Peluang Bisnis Jahe Gajah yang Menguntungkan
Hallo sahabat Agribisnis Agrokompleks, Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi tentang Peluang Bisnis Jahe Gajah yang Menguntungkan, mudah-mudahan isi postingan Artikel Kewirausahaan, bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Baca juga


Peluang Bisnis Jahe Gajah yang Menguntungkan - Tanaman jahe (Zingiber Officiniale Rosc) dewasa ini tak hanya sekedar dikenal sebagai bumbu masakan. Lebih dari itu jahe bisa diolah menjadi pemberi aroma pada berbagai makanan, bahan baku dalam industri minuman, industri obat tradisional, minyak wangi, diolah menjadi asinan, dibuat acar atau lalap. 
Peluang Bisnis Jahe Gajah yang Menguntungkan

Semakin banyak nilai tambah bisa didapat dari komoditas pertanian yang satu ini. Ada tiga jenis jahe yang memiliki permintaan tinggi di Indonesia yaitu jahe putih besar (jahe gajah), jahe putih kecil dan jahe merah. 

Diantara ketiga jenis jahe tersebut, jahe gajah memiliki permintaan terbesar, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. 

Otomatis harganya di pasaran juga tercatat lebih tinggi dibandingkan dua jenis lainnya. Adapun ciri-cirinya, rimpang jahe gajah jauh lebih besar dan ukurannya lebih gemuk tetapi aroma dan rasanya kurang tajam dibanding kedua jenis lainnya.

Jahe gajah biasanya diusahakan untuk produksi segar, baik dalam keadaan tua ataupun muda. Beberapa negara  yang menampung hasil ekspor komoditas jahe dalam bentuk jahe segar adalah Malaysia, Hongkong, Perserikatan Emirat Arab, Singapura dan Saudi Arabia. 

Berbisnis jahe gajah, pada dasarnya pebisnis bisa memilih beberapa bidang usaha, dimulai dengan budidaya, pengolahan, pemasaran atau gabungan diantaranya.

Agar bertani mendapatkan nilai tambah maksimal, tentu saja pebisnis harus mengetahui teknik budidaya yang baik sehingga memenuhi standar mutu hasil produksi. 

Karena terbukti juga tak sedikit kegagalan usahatani yang disebabkan kekurangan pengetahuan budidaya, misalnya mengatasi tanaman dari masalah hama terutama penyakit busuk bakteri. Masalah-masalah seperti itu menyebabkan rendahnya hasil produksi serta harga jual yang tak sesuai.

Oleh karena itu, sebelum terjun ke bisnis budidaya, pebisnis setidaknya mengetahui kemana hasil produksi akan dipasarkan baik menyangkut harga maupun jenis produksi yang diinginkan oleh eksportir atau pedagang pengumpul. 

Selain itu benih yang berkualitas harus benar-benar dijamin ketersediaannya dan kalau telah ada sebaiknyan digunakan benih yang bersertifikat. 

Pemilihan lokasi penanaman juga harus sesuai dengan komoditas, disamping juga penanaman harus disesuaikan dengan musim tanam dan kemudahan mendapatkan sarana pertanian lainnya seperti pupuk dan pestisida.

Rimpang segar jahe gajah banyak diekspor untuk memenuhi permintaan beberapa negara.   Di negara importir jahe gajah segar akan diolah kembali menjadi minuman berupa anggur jahe, sirup jahe, dan makanan berupa selai dan dodol jahe. Untuk keperluan penjualan, panen jahe gajah dilakukan tergantung kebutuhan, ada yang meminta jahe segar muda dan segar tua.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Peluang Bisnis Jahe Gajah yang Menguntungkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel