Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelemahan Jika Menjalankan Bisnis Tanpa Adanya Perencanaan

Kelemahan Jika Menjalankan Bisnis Tanpa Adanya Perencanaan - Pada umumnya jika menjalankan bisnis kita harus melakukan perencanaan agar bisnis yang kita jalankan dapat berkembang. 

Kelemahan Jika Menjalankan Bisnis Tanpa Adanya Perencanaan

Rencana bisnis merupakan langkah awal dari sebuah bisnis baik itu bisnis skala besar maupun skala kecil, semuanya perlu memiliki perencanaan bisnis yang matang.

Para entrepreneur harus membutuhkan sebuah perencanaan yang matang karena lingkungan bisnis sekarang ini merupakan lingkungan yang kompetitif, cepat berubah, dan merupakan lingkungan yang semakin sulit untuk perusahaan terutama untuk membuat keputusan bisnis.

Nah, dalam menjalankan bisnis ada beberapa kelemahan jika kalian menjalankan bisnis tanpa adanya perencananaan, diantaranya:

Visi dan Misi Tidak Jelas 

Tanpa perencanaan bisnis, Anda tidak akan punya tujuan yang jelas dan terperinci untuk jangka panjang. Visi dan misi Anda bisa berubah-ubah dan tidak pasti.Anda jadi kebingungan dalam memahami keseluruhan operasional bisnis yang begitu kompleks.

Akibatnya, proses eksekusi ide bisnis yang ada di kepala Anda menjadi berantakan. Anda tidak punya strategi bisnis yang kuat dan terkonsep dengan jelas.

Tidak Realistis 

Sebagai pebisnis Anda mempunyai ekspektasi yang besar pada bisnis Anda. Sejak ide bisnis hadir di pikiran Anda, saat itu pula Anda mulai membayangkan kesuksesan yang akan Anda capai. 

Hal yang wajar dan manusiawi untuk bermimpi.Namun, terkadang realita tidak seindah ekspektasi. Anda akan menghadapi berbagai kenyataan buruk yang tidak pernah Anda pikirkan. 

Karena Anda belum menyiapkan perencanaan bisnis, maka Anda akan menjalankan bisnis sesuai ekspektasi di pikiran Anda saja. Anda lebih mengandalkan emosional dan mengabaikan logika berpikir. 

Produk Tidak Diminati Dipasar 

Riset adalah bagian dari perencanaan bisnis.Riset itu penting untuk mengukur minat pasar terhadap produk Anda sebelum diluncurkan. 

Namun, jika Anda tidak mempersiapkan rencana bisnis, Anda hanya mengira-ngira apa yang dibutuhkan oleh masyarakat sebagai konsumen Anda. 

Padahal, bisa saja pada kenyataannya produk Anda tidak cocok dengan target market Anda, bahkan tidak diminati saat ini. 

Tidak Siap Menghadapi Kompetitor

Era globalisasi membuat persaingan bisnis semakin ketat. Banyak bisnis bermunculan, namun tidak bertahan lama.Bahkan ada yang bertahan setahun saja.

Jika Anda tidak menyiapkan rencana bisnis, Anda tidak mengamati kelebihan dan kekurangan kompetitor Anda.

Akibatnya, bisnis Anda tidak menawarkan sesuatu yang berbeda. Produk Anda tidak bisa lebih unggul karena Anda tidak memahami strategi lawan Anda. 

Kemungkinan Gagal Menjadi Lebih Besar 

Bagi yang punya modal besar, mungkin kegagalan tidak akan menjadi masalah besar. Jika gagal, Anda bisa memulainya lagi dari awal.

Namun, bagi Anda yang punya modal terbatas, harus lebih serius. Siapkan rencana bisnis sedari awal. Jika tidak, kemungkinan gagal akan lebih besar. 

Karena Anda akan menjalankan beberapa kesalahan dan tidak tahu cara untuk segera mengatasinya. Jadi, jika Anda gagal membuat rencana bisnis, maka Anda sejatinya sedang merencanakan sebuah kegagalan.

Sumber:

Wulandary, A., R, F., Mursalat, A., Darhyati, A. T., & Masitah. (2020). Business Model Canvas: Implementasi Terhadap Industri Rumahan Produk Virgin Coconut Oil (VCO). CV. Media Sains Indonesia.

Post a Comment for "Kelemahan Jika Menjalankan Bisnis Tanpa Adanya Perencanaan"