>

Syarat Tumbuh Untuk Tanaman Semangka

Syarat Tumbuh Untuk Tanaman Semangka
Syarat Tumbuh Untuk Tanaman Semangka - Semangka merupakan tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun bagian selatan yang ada di Afrika. 
Syarat Tumbuh Untuk Tanaman Semangka

Semangka memiliki nama latin Citrullus lanatus, Citrulus vulgaris schard atau Citrulus canas ( THMB ) Manst. 

Semangka juga dikenal  dengan sebutan buah tembikai. Semangka masih satu keluarga dengan labu-labuan (Cucurbitaceae), melon (Cucumis melo) serta ketimun (Cucumis sativus).

Syarat tumbuh tanaman semangka merupakan lokasi atau tempat yang cocok untuk tanaman semangka dapat tumbuh dan berkembang dengan baik sehingga menghasilkan panen yang berkualitas dan berkuantitas baik. 

Kualitas dan kuantitas yang baik tentu akan memberikan banyak keuntungan bagi petani semangka tersebut. Untuk syarat tumbuh tanaman semangkat dapat kalian perhatikan dari segi tanah, iklim, curah hujan dan angin.

Tanah

Tanah yang baik untuk tanaman semangka adalah tanah yang berstruktur gembur dan subur, mempunyai lapisan olah yang tebal, kering kaya akan bahan organik dan dengan pengaturan air yang baik. Pada keasaman PH tanah optimal berkisar 6,8-7,2 .

Iklim

Tanaman semangka membutuhkan sinar matahari penuh. Sehingga musim kemarau cocok untuk penanaman. Lahan penanaman harus terbuka tampa naungan. 

Ketersediaan matahari penuh sangat di perlukan untuk proses fotosintesis sedangkan pengaruh tidak langsungnya pada temperatur kelembapan.

Curah Hujan

Curah hujan akan berpengaruh terhadap ketersediaan air dan kelembapan tanah di sekitar tanaman. Curah hujan bulanan yang dikehendaki semangka berkisar 40-50 mm. 

Curah hujan yang terlalu tinggi akan berakibat buruk terhadap tanaman yaitu tanaman mudah terserang oleh hama.

Angin

Angin membantu dalam proses penyerbukan bunga semangka. Tetapi angin yang bertiup kencang dapat merusak daun serta mematahkan percabangan.

Ketinggian Tempat

Ketinggian tempat dapat berpengaruh terhadap umur panen. Pemanenan semangka di dataran rendah akan lebih cepat daripada dataran tinggi.

Air

Semangka memelukan banyak air Karena 90% merupakan buah yang berair. Tetapi hindari tanaman tergenang air karena dapat mengakibatkan tanaman mati.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Syarat Tumbuh Untuk Tanaman Semangka"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel