>

Kenali Jenis Penyakit Pada Itik dan Pencegahannya

Kenali Jenis Penyakit Pada Itik dan Pencegahannya
Kenali Jenis Penyakit Pada Itik dan Pencegahannya - Dalam melakukan ternak itik tentu kalian juga harus mengenali penyakit yang ada pada itik dan bagaimana cara pencegahannya karena itu adalah salah satu kewajiban yang tidak bisa kalian hindari jika melakukan ternak itik. 
Jenis Penyakit Pada Itik dan Pencegahannya

Dengan mengenali jenis penyakit yang ada pada itik dan tahu cara pencegahannya tersebut sehigga kalian dapat melakukan usaha ternak itik dengan keuntungan yang maksimal. Salah satu cara terbaik untuk mengatasi serangan penyakit adalah dengan memelihara itik dalam kandang yang memadai, sanitasi dan kecukupan gizinya.

Nah, bagi kalian yang ingin mendapatkan hasil yang maksimal dalam melakukan usaha ternak itik berikut kami memberikan informasi tentang jenis penyakit yang ada pada ternak itik dan bagaimana cara pencegahannya. 

Penyakit Duck Cholera

Penyebab terjadinya penyakit Duck Cholera pada itik yaitu adanya bakteri Pasteurela Avicida. Kalian bisa melihat gejalah yang ditimbulkan pada itik yaitu sering mencret, lumpuh, tinja kuning kehijauan. 

Dalam pencegahan penyakit Duck Cholera kalian bisa melakukan sanitasi perkandangan pada ternak itik, selanjutnya melakukan pengobatan dengan suntikan penisilin pada urat daging dada dengan dosis sesuai label obat.

Penyakit Salmonellosis 

Untuk penyebab terjadinya penyakit Salmonellosis pada itik karena adanya bakteri Typhimurium. Kalian bisa melihat gejalah yang ditimbulkan pada itik yaitu pernafasan sesak dan sering mencret. 

Dalam pencegahan pada penyakit Salmonellosis kalian juga bisa melakukan sanitasi yang baik pada kandang, selanjutnya melakukan pengobatan dengan furazolidone melalui pakan dengan konsentrasi sekitar 0,04% atau dengan sulfadimidin yang dicampur air minum, dosis disesuaikan dengan label obat.

Salmonellosis (Pullorum + Berak Kapur) 

Untuk Penyebab terjadinya penyakit jenis ini karena adanya bakteri Salmonella Pullorum, namun kalian harus hati-hati jika penyakit jenis ini menyerang itik pada umur 3-15 hari karena bisa berakibat kematian tinggi. 

Kalian bisa mengenali tanda penyakit yang nampak pada jenis penyakit ini adalah dengan adanya kotoran warna putih lengket seperti pasta dan menempel pada dubur, tubuh lemah, lesu dan mengantuk kedinginan, cepat terengah-engah, bulu kusam, sayap menggantung, kadang terjadi kelumpuhan. 

Dalam pencegahan penyakit ini dapat kalian lakukan dengan menjaga kebersihan kandang serta menjaga kualitas makanan dan minumnya, kemudian kalian lakukan isolasi itik yang sakit. Sedangkan pengobatan kalian bisa memberikan obat jenis sulfa dan antibiotik.

Penyakit Cacing 

Yang terakhir yaitu penyakit cacing, penyebab terjadinya penyakit jenis ini terbagi jenis cacing menyerang pada itik yang dilepas. Kalian juga mengenali jenis penyakit ini dengan melihat itik yang nafsu makannya berkurang, mencret, bulu kusam, kurus dan produksi turun. 

Dalam pencegahan penyakit jenis ini kalian juga harus menjaga kebersihan kandang dan kelembabannya, melakukan sanitasi perkandangan dan menjaga kualitas makan serta minumnya. Untuk pengobatan kalian bisa memberikan obat cacing minimal 3 bulan sekali.

Itulah informasi tentang tentang jenis penyakit yang ada pada ternak itik dan bagaimana cara pencegahannya agar hasil yang di dapatkan sesuai harapan dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Kenali Jenis Penyakit Pada Itik dan Pencegahannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel