>

Kebutuhan Pakan Untuk Meningkatkan Kualitas Warna Pada Ikan Koi

Kebutuhan Pakan Untuk Meningkatkan Kualitas Warna Pada Ikan Koi
Hallo sahabat Agribisnis Agrokompleks, Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi tentang Kebutuhan Pakan Untuk Meningkatkan Kualitas Warna Pada Ikan Koi, mudah-mudahan isi postingan Artikel Perikanan, bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Baca juga


Kebutuhan Pakan Pada Ikan Koi - Pada umumnya jika memelihara ikan hias, warna merupakan salah satu yang menjadi parameter untuk menjadi daya tarik pada ikan hias khususnya pada ikan koi.
Kebutuhan Pakan Untuk Meningkatkan Kualitas Warna Pada Ikan Koi

Kita tahu sendiri bahwa ikan koi merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang memiliki daya tarik pada corak warnanya dan kurang lebih ratusan macam tipe warna pada ikan koi tersebut.

Selain untuk warna pada ikan koi untuk meningkatkan daya tarik, warna pada ikan koi juga memiliki nilai estetika yang sangat mempengaruhi pada nilai enokomis jenis ikan hias yang satu ini. 

Oleh sebab itu, untuk meningkatkan kualitas warna pada ikan koi kalian harus meningkatkan dan mempertahankan salah satu diantaranya adalah nutrisi pakan yang diberikan pada ikan koi.

Penambahan sumber peningkat warna dalam pakan akan mendorong peningkatan pigmen warna pada tubuh ikan koi, atau minimal ikan koi mampu mempertahankan pigmen warna pada tubuhnya selama masa pemeliharaan.

Dalam melakukan budidaya ikan koi, biasanya dalam pemberian pakan ada dua macam yaitu pakan alami dan pakan buatan. 

Kita tahu sendiri bahwa pakan alami merupakan pakan yang tersedia di alam dan mudah dicerna, biasanya pakan alami digunakan sebagai pakan untuk benih khususnya ikan koi karena mampu memenuhi kebutuhan pakan pada benih ikan koi.

Sedangkan pakan buatan merupakan salah satu pakan yang dibuat dengan formulasi dari campuran bahan-bahan baku berdasarkan pertimbangan pembuatannya. 

Dalam pembuatan pakan buatan tersebut pada ikan koi kalian bisa mempertimbangkan kebutuhan nutrisi ikan, kualitas bahan baku dan nilai ekonomis pada pakan untuk meningkatkan pertumbuhan dan meningkatkan kualitas warna pada ikan ikan koi.

Pada umumnya pakan buatan pada ikan koi pada tahap pembenihan maupun pembesaran menjadi salah satu faktor produksi yang sangat penting dalam menunjang keberhasilan kegiatan tersebut serta dapat meningkatkan kualitas warna.

Dalam memilih bahan untuk pakan ikan koi kalian perlu mempertimbangkan kandungan nutrisi pakan yang harus kalian penuhi agar berkembang biak dan meningkatkan warna secara maksimal memerlukan bahan-bahan berupa protein, lemak, karbohidrat, vitamin, mineral dan air. 

Protein pada pakan ikan koi diperlukan sebagai sumber utama untuk pertumbuhan, pemeliharaan dan pengganti sel-sel yang rusak agar meningkatkan kualitas warnanya. 

Dalam kebutuhan protein juga kalian harus memperhatikan jenis dan umur ikan,  nah, jika ikan berusia muda membutuhkan protein lebih banyak sebab berada pada fase pertumbuhan. 

Pada umumnya ikan koi juga membutuhkan kadar protein sebesar 20-60% tetapi kebutuhan optimum untuk tumbuh sebesar 30-36%, jika protein dalam pakan kurang dari 30% maka pertumbuhan ikan koi akan terhambat. 

Kekurangan vitamin juga akan mengakibatkan keadaan yang disebut defisiensi vitamin. Defisiensi vitamin pada makanan yang dikomsumsi ikan menimbulkan gejala umum, yaitu nafsu makan turun, warna kulit abnormal, ikan kelihatan gelisah, keseimbangan ikan hilang, pertumbuhan sirip abnormal, pembentukan lendir berkurang, hati berlemak dan ikan mudah terserang infeksi.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Kebutuhan Pakan Untuk Meningkatkan Kualitas Warna Pada Ikan Koi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel