>

Pakan Ternak Rumput Gajah Varietas Odot

Pakan Ternak Rumput Gajah Varietas Odot
Pakan Ternak Rumput Gajah Varietas Odot - Rumput gajah odot merupakan salah satu jenis rumput gajah dari hasil pengembangan teknologi hijauan pakan. Morfologi batangnya berbuku dengan jarak sangat pendek dibandingkan dengan rumput gajah pada umumnya. 
Pakan Ternak Rumput Gajah Varietas Odot

Selain itu batang rumput ini sedikit lunak sehingga sangat disukai oleh ternak. Rumput gajah mini selain sebagai rumput grazing, juga cocok digunakan sebagai rumput potong. 

Rumput gajah mini atau biasa juga disebut rumput gajah dwarf sangat potensial dan merupakan salah satu varietas rumput gajah yang tumbuh tidak terlalu tinggi sehingga dapat dimanfaatkan sebagai rumput grazing. 

Jenis rumput ini mempunyai tinggi tanaman rata-rata 125 cm, jumlah anakan rata-rata 150 per m2, dan tingkat persentase daun rata-rata 70% pada sistem rotasional grazing.

Rumput gajah odot (Pennisetum purpureum cv. Mott) merupakan jenis rumput unggul yang mempunyai produktivitas dan kandungan zat gizi yang cukup tinggi serta memiliki palatabilitas yang tinggi bagi ternak ruminansia. 

Tanaman ini merupakan salah satu jenis hijauan pakan ternak yang berkualitas dan disukai ternak. Rumput ini dapat hidup diberbagai tempat, tahan lindungan, respon terhadap pemupukan, serta menghendaki tingkat kesuburan tanah yang tinggi. 

Rumput gajah mini tumbuh merumpun dengan perakaran serabut yang kompak, dan terus menghasilkan anakan apabila dipangkas secara teratur. 

Morfologi rumput gajah mini yang rimbun, dapat mencapai tinggi lebih dari 1 meter sehingga dapat berperan sebagai penangkal angin (wind break) terhadap tanaman utama.

Rumput gajah jenis ini berbeda dari rumput gajah yang biasa dibudidayakan oleh petani atau peternak saat ini. Rumput gajah biasa tingginya sekitar 4,5 meter, sedangkan rumput odot bisa mencapai 1 meter, dengan rumpun yang sangat rapat mirip pandan. 

Dengan kondisi ini, tentunya rumput odot jauh lebih efisien dalam penggunaan lahan. Untuk lahan satu meter persegi rumput gajah biasa hanya menghasilkan sekitar 29,5 kg/ha/tahun, maka rumput odot bisa mencapai sekitar 36 kg/tahun. 

Hampir semua bagian rumput odot bisa dimakan oleh sapi, sedangkan rumput gajah biasa hanya sekitar 60-70% saja. Rumput Gajah Odot dibudidayakan dengan potongan batang (stek) atau sobekan rumpun (polls) sebagai bibit. 

Bahan stek berasal dari batang yang sehat dan tuah dengan panjang stek 20-25 cm (2-3 ruas atau paling sedikit 2 buku atau mata). Waktu yang terbaik untuk memotong tanaman yang akan dibuat silase adalah pada fase vegetatif sebelum pembentukan bunga.

Rumput Gajah Odot ditanam pada lingkungan hawa panas yang lembab, tetapi tahan terhadap musim panas yang tinggi. Rumput ini juga dapat tumbuh dan beradaptasi pada berbagai macam tanah meskipun hasilnya akan berbeda. 

Akan tetapi rumput ini tidak tahan hidup di daerah yang curah hujannya tinggi. Secara alamiah rumput ini dapat dijumpai terutama di sepanjang pinggiran hutan.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Pakan Ternak Rumput Gajah Varietas Odot"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel