√ Sistem Informasi Pertanian - Agribisnis Agrokompleks

Sistem Informasi Pertanian

Sistem Informasi Pertanian
Sistem Informasi Pertanian - Informasi merupakan sumber daya penting dalam pertanian modern. Perkembangan komputer dan perbaikan teknologi komunikasi memberikan petani kesempatan untuk memperoleh informasi teknis dan ekonomi dengan cepat dan menggunakannya secara efektif untuk pengambilan keputusan. 
Sistem Informasi Pertanian

Pelaku pengembangan pertanian membutuhkan informasi inovasi pertanian yang memadai sebagai dasar strategi perencanaan dan pertimbangan untuk pengembangan usaha tani lebih lanjut. 

Ketersediaan data statistik pengolahan dan pemasaran hasil pertanian yang lengkap dan akurat adalah prasyarat penting dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian pembangunan industri pertanian Indonesia. 

Oleh sebab itu pengembangan data statistik pengolahan dan pemasaran hasil pertanian perlu diarahkan pada ketersediaan data dan informasi yang lengkap, akurat, relevan, dan konsisten yang kesemuanya tidak terlepas dari manajemen data dan informasi. 

Untuk itu, perlu disusun suatu pedoman penyempurnaan metodologi pengumpulan, pengolahan, analisis dan penyajian data/informasi berikut peraturan-peraturan pendukungnya, serta peningkatan kemampuan sumberdaya manusia, pembaharuan sarana dan prasarana yang dapat menunjang tercapainya sasaran untuk mendapatkan data yang akurat, informatif dan representatif.

Pengembangan sistem informasi pengolahan dan pemasaran hasil pertanian difokuskan dengan mengembangkan suatu sistem jaringan komputer yang terintegrasi dan interaktif dalam aktivitas olah data dan informasi. 

Sistem jaringan tersebut pada akhirnya juga tidak hanya interaktif pada lingkup internal saja atau di Departemen Pertanian saja, tetapi juga dapat berinteraksi dengan sistem di luar lingkup tersebut (open system). 

Mengoptimalkan pemanfaatan teknologi internet dengan media berbasis web merupakan fokus dari pengembangan sistem jaringan komputer ini, karena saat ini merupakan teknologi komunikasi data yang tepat guna, dalam arti teknologi yang memiliki tingkat skalabilitas, fleksibilitas, reliabilitas, manajebilitas, serta sekuritas yang baik.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Sistem Informasi Pertanian"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel