√ Jenis Pasar dalam Bisnis Organik - Agribisnis Agrokompleks

Jenis Pasar dalam Bisnis Organik

Jenis Pasar dalam Bisnis Organik
Jenis Pasar dalam Bisnis Organik - Berdasarkan kajian survei yang dilakukan oleh Aliansi Organis Indonesia (AOI), jenis pasar produk organik dibagi menjadi pasar mainstream (supermarket), pasar khusus (gerai dan outlet yang khusus menyediakan produk organik) dan pasar tradisional. 
Jenis Pasar dalam Bisnis Organik

Masing-masing jenis pasar memiliki karakteristik tersendiri dari sisi jenis dan jumlah produk organik, jenis sertifikasi, jumlah dan jenis produsen, perkembangan permintaan dan harga.

Berdasarkan survei dalam laporan Statistik Pertanian Organik yang secara rutin diterbitkan oleh AOI setiap tahun menyebutkan bahwa produk organik yang beredar pada pasar mainstream berkisar antara produk beras dan sayuran dan tidak banyak mengalami perubahan dari tahun ke tahun. 

Namun dari sisi jumlah produsen tercatat adanya perubahan setiap tahun. Sertifikasi yang ada pada pasar ini juga cenderung beragam, hanya terdapat 1 atau 2 jenis produk saja yang mencantumkan logo organik Indonesia. Harga produk organik pada jenis pasar mainstream disinyalir mengalami perubahan setiap tahun.

Pasar khusus lebih mengutamakan aspek penjaminan organik atau minimal terdapat ijin dari pihak terkait. Karakteristik pasar khusus cenderung lebih stabil baik dari sisi jenis produk, produsen dan harga. Jenis produk yang ditawarkan bervariasi dan terdapat banyak jenis merk dagang seperti Healthy Choice, Melly Manuhutu Organic, All Fresh dan Organik land

Pada pasar khusus banyak ditemukan berbagai macam produk organik impor bersertifikasi organik. Produk dan komoditas organik ada pasar tradisional umumnya didominasi oleh para petani organik yang melakukan penjaminan dengan mekanisme kepercayaan konsumen (self-declare).
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Jenis Pasar dalam Bisnis Organik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel