√ Cara Singkat Budidaya Bunga Heliconia - Agribisnis Agrokompleks

Cara Singkat Budidaya Bunga Heliconia

Cara Singkat Budidaya Bunga Heliconia
Budidaya Bunga Heliconia - Budidaya bunga Heliconia dimulai dari pelaksanaan penyiapan lahan, di mana bibit yang digunakan untuk bahan tanaman ada yang disemaikan terlebih dahulu untuk menumbuhkan akar dan batangnya dan ada pula yang langsung ditanam ditempat penanaman.
Budidaya Bunga Heliconia

Persiapan lahan untuk penanaman dimulai dari mengolah tanah dengan menggunakan cangkul atau traktor hingga cukup gembur sedalam 25 cm, kemudian mengering-anginkan tanah selama 14 hari agar kondisi tanah matang dan siap ditanami. 

Membuat bedengan-bedengan selebar 120 cm, tinggi 30 cm, dan panjang nya 3 s.d 5 m atau disesuaikan dengan kebutuhan, kemudian dicampurkan dengan pupuk kandang sebanyak 2 s.d 5 kg/m2. Jarak antar bedengan 1 m, untuk memudahkan pemeliharaan.

Penanaman dilakukan dengan mempersiapkan bedengan, untuk per lubang tanaman dibuatkan lubang tanam pada jarak 50 cm x 50 cm untuk Heliconia ukuran kecil dan jarak tanam untuk Heliconia yang berukuran lebih besar adalah 200 cm x 100 cm, dengan kedalaman tanam 10 s.d 15 cm. 

Bibit siap tanam dikebun apabila memiliki tiga lembar daun yang membuka penuh dengan ketinggian bibit rata-rata mencapai 25 cm, setelah itu menyiram sebagian tanah hingga cukup basah.

Pemanenan dilakukan ketika bunga mekar optimal, yaitu pada saat seludang membuka dan mengeluarkan bunga sebanyak 1 s.d 2 buah. Pada saat panen, tangkai bunga dipotong menggunakan sabit. Panjang tangkai bunga yang dipotong bervariasi, tergantung jenis Heliconia dan kebutuhan pasar. 

Panen sebaiknya dilakukan pada pagi hari atau sore hari saat suhu udara tidak terlalu tinggi dan bunga berada dalam kondisi optimal. Mulai dari masa tanam memerlukan waktu satu tahun agar dapat dipanen oleh petani.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Cara Singkat Budidaya Bunga Heliconia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel