√ Teknik Singkat Dalam Budidaya Tanaman Padi - Agribisnis Agrokompleks

Teknik Singkat Dalam Budidaya Tanaman Padi

Teknik Singkat Dalam Budidaya Tanaman Padi
Teknik Singkat Dalam Budidaya Tanaman Padi - Teknik budidaya tanaman padi yang baik sangat di perlukan untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan. Hal ini yang harus dimulai dari awal, yaitu sejak dilakukan persemaian tanaman itu bisa dipanen sebagaiman yang diharapkan. Untuk itu kami akan memberikan informasi tentang teknik dalam budidaya tanaman padi yang baik dan benar.
Teknik Singkat Dalam Budidaya Tanaman Padi

Persemaian

Membuat persemaian merupakan langkah awal bertanamm padi di mana dimulai dengan menggunakan benih unggul. Benih yang digunakan harus sebaik-baiknya dan sehat dimana tujuannya adalah membantu memberikan keadaan lingkungan yang baik untuk saat awal pertumbuhan. Dari umur 25-40 hari benuh siap ditanam disawah yang terlah disediakan.

Persiapan dan Pengolahan Tanah Sawah

Dalam melakukan budidaya padi pada umumnya melakukan pengolahan tanah sangat penting untuk bertujuan mengubah keadaan tanah pertanian dengan alat tertentu sehingga memperoleh susunan tanah yang dikehendaki oleh tanaman, pencangkulan, pembajakan, dan penggaruan.

Penanaman

Dalam penanaman yang baik harus memperhatikan sebelummnya adalah persiapan lahan umur bibit dan tahap penanaman.

Pemeliharaan

Tanaman padi ditanam dengan baik dapat menumbuhkan hasil yang memuaskan, sesuai dengan pa yang diharapkan. Yang perlu di perhatikan dalam pemeliharaan adalah penyulaman dan penyiangan. Pengairan padi sawah dan pemupukan.

Pengendalian Organisme Tanaman

Ada beberapa cara memberantas pengganggu tanaman padi sawah yaitu cara fisik dan mekanik misalnya dengan cara gropyokan untuk memberantas hama tikus, cara biologis dengan meenggunakan predator atau parasit misalnya burung yang memakan ulat, dengan mengatur waktu tanaman dengan cara bergiliran tanam, menanam tanaman yang resisten yaitu tanaman yang tahan terhadap hama dan penyakit serta penggunaan bahan kimia yaitu dengan cara menggunakan pestisida ( fungisida, insektisida, rodentisida, dan herbisida).

Panen

Panen adalah tahap terakhir penanaman padi sawah. Bila hasil yang diharapkan telah menjadi kenyataan, berarti buah padi sudah cukup masak dan siap untuk dipanen atau dipetik. Namun pemaneman padi harus dilakukan pada waktu yang tepat, sebab ketepatan waktu memanen berpengaruh terhadap jumlah dan mutuh gabah dan berasnya.

Panen yang terlambat pada varietas padi yang mudah rontok, dan menurunnya hasil produksi sedangkan panen yang terlalu awal menyebabkan mutu padi yang kurang baik.

Itulah informasi tentang cara budidaya padi yang baik dan benar agar hasil yang di dapatkan sesuai harapan dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Teknik Singkat Dalam Budidaya Tanaman Padi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel