√ Budidaya Ikan Platy, Ikan Hias yang Menguntungkan - Agribisnis Agrokompleks

Budidaya Ikan Platy, Ikan Hias yang Menguntungkan

Budidaya Ikan Platy, Ikan Hias yang Menguntungkan
Budidaya Ikan Platy - Salah satu jenis ikan hias yang mudah di pelihara dan menguntungkan adalah ikan platy. Ikan platy termasuk dalam kategori jenis ikan hias kecil tahan lama dan tidak mudah mati. Kelebihannya mudah berkembang biak dan budidaya platy ini sangat mudah.
Budidaya Ikan Platy, Ikan Hias yang Menguntungkan

Bagi kalian yang tertarik untuk melakukan bisinis ikan hias, budidaya ikan hias yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan bisnis karena mudah dikawinkan dan mempunyai harga jual yang mudah dan cukup bagus.

Tetapi untuk memulai bisnis budidaya ikan hias platy kalian perlu mengetahui bagaimana cara budidaya yang baik dan benar sehingga bisa mendapatkan keuntungan, untuk itu kami akan memberikan informasi tentang cara budidaya ikan platy agar bisa menguntungkan.

Tempat Pemijahan Budidaya Ikan Platy

Untuk tempat pemijahan budidaya ikan platy, kalian bisa menggunakan bak yang terbuat dari semen dengan ukuran kira-kira 2x1 meter dan ketinggian baik diperkirakan sekitar 0,4 meter. Kalian juga bisa menggunakan wadah akuarium dengan memiliki ukuran panjang, lebar dan tinggi sekitar 80x45x40 cm. Akan tetapi untuk wadah akuarium kalian hanya bisa menampung ikan nantinya lebih sedikit dibandingkan dengan bak semen.

Untuk penggunaan airnya kalian dapat menggunakan air sumur yang telah diendapkan sehari semalam (24 jam). Kalian juga harus memperhatikan suhu yang paling ideal untuk tempat pemijahan ikan platy diperkirkan sekitar 25 - 27 derajat celcius. Untuk lebih baik lagi agar sebagai tempat berteduh bagi ikan platy kalian bisa tambahkan tanaman hydrilla atau enceng gondok yang telah bersih dari lumpur dan telur-telur siput.

Memilih Induk Budidaya Ikan Platy

Keberhasilan budidaya ikan platy ditentukan oleh bagusnya indukan. Induk jantan mempunyai gonopodium, sedangkan betina tidak. Induk jantan tumbuh lebih kecil dibandingkan betina. Pilihlah induk jantan yang telah berukuran 2,5 cm, dengan induk betina yang berukuran 3,75 cm. Kemudian di umur 5 sampai 6 bulan kalian sudah bisa dikawinkan indukan ikan platy.

Induk platy harus sehat dan mempunyai bentuk badan yang montok dan jangan memilih ikan yang bentuk badannya memanjang sedangkan untuk warna badan induk yang baik biasanya merah cabai. Induk yang telah diseleksi di tenpatkan dalam bak tersendiri, dan diberi makanan yang bergizi, misalnya jentik nyamuk dan berbagai jenis makanan yang disukai ikan platy.

Pemijahan Budidaya Ikan Platy

Untuk pemijahan budidaya ikan platy setelah kalian sudah mempunyai bak pemijahan atau akuarium dipersiapkan kemudian bersihkan terlebih dahulu bak datau akuariumnya lalu isi dengan air bersih. Tinggi air pemijahan berkisar 35 - 40 cm dan jangan lupa untuk mengisi air yang bersih kedalam tepat pemijahan.

Jumlah induk yang dipijahkan sebaikanya jangan tanggung-tanggung, jika perlu jangan kurang dari 100 induk betina dalam bak pemijahan. Kemudian jika ingin menggunakan akuarium dapat diisi sekitar 30 - 50 ekor induk betina. Untuk induk jantan sama seperti ikan hias lainnya yaitu masukkan  jumlah induk jantan sepertiga dari induk betina.

Nah, setelah selesai pemijahan dan beberapa bulan kemudian anakan ikan sudah mulai ada. Anak atau benih kemudian dipindahkan ke dalam bak pembesaran, sedangkan induknya tetap di dalam bak pemijahan. Kalian jangan lupa indukan platy harus diberi makan yang cukup.

Untuk menghindari serangan bibit penyakit, makanan harus dicuci bersih dulu. Jangan biarkan benih terlalu lama bersama induknya, agar tidak jadi korban sifat kanibal induk. Indukan betina ikan platy hanya mampu menghasilkan benih antara 30 - 60 ekor dan indukan betina akan mengeluarkan anak lagi setelah 4 minggu kemudian.

Pembesaran Budidaya Ikan Platy

Langkah selanjutnya yaitu pembesaran budidaya ikan platy, untun pembesaran ikan kalian harus mempunyai bak pembesaran dengan ukuran sekitar 2 x 2 meter, dengan ke dalaman bak sekitar 0,4 meter. Lakukan pengisian air bersih dan beri enceng gondok atau hydrilla sebagai peneduh maupun tempat persembunyian.

Untuk pemberian pakan pada minggu pertama benih-benih diberi makan infusoria dan plankton yang didapat hasil pemupukan. Nah, kemudian memasuki hari ke 2 sudah boleh diberi makan cacing atau kutu air.

Kalian harus memperhatikan kualitas air dalam bak, nah untuk pergantian air kalian sebaiknya melakukan seminggu sekali tetapi sisakan air lama kira-kira sekitar 1/3 air yang ada di dalam bak. Air yang dipakai untuk mengganti sebaiknya telah didiamkan sehari semalam, dan penggantian dilakukan pada pagi hari, tidak lebih dari jam 10.00.

Penjarangan dilakukan setelah benih berumur sebulan. Kalian harus memisahkan ikan platy ketika sudah besar, demikian pula yang lebih kecil agar untuk menghindari persaingan mengambil makanan.

Masa Panen Ikan Platy

Masa panen budidaya Ikan Platy ini biasanya rata - rata 2 bulan namun lebih kepada permintaan dari pasar, dan dengan waktu tersebut, akan menghasilkan untung dengan beternak ikan kecil serta cantik ini.

Itulah informasi tentang cara budidaya ikan platy yang baik dan benar mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Budidaya Ikan Platy, Ikan Hias yang Menguntungkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel