Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bahan Pakan Ternak Domba

Bahan Pakan Ternak Domba - Domba merupakan hewan yang memerlukan hijauan dalam jumlah besar, yaitu sekitar 90%. Pakan konsentrat atau peguat hanya diperlukan sebagai pakan tambahan saja. Oleh karena itu, bahan baku pakan domba yang dapat diberikan terdiri dari dua jenis, yaitu hijauan dan konsentrat.

Bahan Pakan Ternak Domba

1. Hijauan

Hijauan umumnya terdiri dari berbagai jenis rumput liar, limbah dan hasil ikutan pertanian, rumput jenis unggul yang dibudidayakan, serta berbagai jenis leguminosa. Hijauan tersebut merupakan bahan pakan yang kandungan serta kasarnya relatif tinggi.

Pakan hijauan yang sudah tua mengandung serat kasar yang tinggi dan menjadi kurang bermutu. Hijauan yang bermutu baik adalah yang tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua. Secara umum, hijauan rumput lebih rendah mutunya dibandingkan dengan jenis leguminosa.

Kandungan protein leguminosa lebih dari 20%, sedangkan rumput kurang dari 10%. Oleh karena itu, kombinasi bahan yang terdiri dari rumput dan leguminosa merupakan bahan pakan yang bermutu. Domba yang diberi pakan kombinasi tersebut tidak perlu diberikan pakan tambahan lagi berupa konsentrat.

2. Konsentrat

konsentrat atau pakan penguat terdiri dari biji-bijian yang digiling halus seperti jagung, bungkil kelapa, bungkil kedelai, dedak dan kantul. Bahan pakan tersebut umumnya memiliki kandungan serat kasar yang rendah sehingga mudah dicerna.

Domba yang diberi konsentrat ialah domba-domba yang sedang bunting tua dan menyusui, pejantan yang aktif, dan domba yang mengalami kekurangan pakan hijauan akibat kemarau panjang. Susunan konsentrat dapat dilihat pada tabel berikut :
Jenis Bahan I II III IV V
Jagung Giling (g) 42 62,5 - 52 40
Bungkil Keledai (g) 25 15 - 12,5 7,5
Dedak Halus (g) 30 20 - 22,5 50
Tepung Tulang (g) 1,5 1 - 1,5 1,5
Garam (g) 1,5 1,5 - 1,5 1,5
Ampas Tahu Kering (g) - - 98,5 - -
Jumlah Pemberian/ ekor/hari (g) 200 - 250 300 - 400 350 200 - 250 250
Keterangan :
  • Rumput/Hijauan diberikan secara bebas 
  • I (Domba Sedang Tumbuh) 
  • II & III (Domba Penggemukan)
  • IV (Domba Bunting/Menyusui) 
  • V (Pejantan Pemacek)

Itulah informasi tentang bahan pakan yang diberikan untuk ternak domba mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !



Sumber :

Sudarmono, A.S & Bambang Sugeng, Y. (2011). Beternak Domba. Penebar Swadaya : Bogor.

Post a Comment for "Bahan Pakan Ternak Domba"