Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Perawatan Tanaman Mangga Agar Bisa Berbuah Lebat

Perawatan Tanaman Mangga - Bukan karena rasanya yang nikmat, buah mangga juga punya banyak khasiat untuk tubuh manusia. Dilansir manfaat.co.id, buah mangga memiliki kandungan unsur tembaga, selenium, zink, dan potasium yang dapat berkhasiat meningkatkan imunitas tubuh dan mencegah penyakit.

Tips Perawatan Tanaman Mangga Agar Bisa Berbuah Lebat

Tanaman mangga sangat cocok ditanam di wilayah tropis seperti Indonesia. Cara menanam mangga juga tidaklah sulit dan bisa Anda lakukan walaupun masih pemula dalam berkebun ataupun bercocok tanam.

Kebanyakan cara menanam buah mangga dilakukan dengan cara pencangkokan ataupun juga dengan menggunakan bibit buah mangga yang memiliki kualitas baik dan tentunya terbebas dari potensi suatu penyakit agar memiliki hasil yang maksimal.

Untuk meningkatkan produksi buah mangga memang perlu tindakan yang telaten dan perawatan yang tepat. Jika Anda ingin punya tanaman mangga Anda berbuah lebat, Berikut tips perawatan tanaman mangga agar bisa berbuah lebat yang baik dan benar.

Pemangkasan Cabang Pohon

Hal penting yang harus diketahui, tindakan pemangkasan ini dilakukan untuk membentuk pohon yang proporsional dan dipenuhi cabang-cabang muda yang akan berbuah. 

Pemangkasan dilakukan pada bagian cabang yang sudah tidak produktif, berusia tua, berpenyakit, dan tumbuh tidak normal. Pemangkasan sebaiknya dikerjakan setiap kali selesai masa panen pohon mangga.

Pemberian Kapur Pertanian atau Dolomit

Pemberian kapur pertanian atau dolomit bertujuan untuk menetralkan pH tanah atau keasaman tanah. Trik ini untuk mencegah tanah tempat tumbuh tanaman mangga tersebut tidak asam, sebab jika asam bisa menurunkan jumlah produksi bahkan bisa menyebabkan daun berwarna kuning dan akibat fatal tanaman jadi mati.

Cara pemberian kapur dolomit ini pada sekeliling tanaman sekitar bagian akar batang utama. Takaran dosis yang digunakan untuk tanaman mangga berkisar 0,25 kg / tanaman. 

Berikan kapur dolomit sesuai dosis anjuran dan jangan berlebihan, karena akan mengakibatkan tanaman mati.

Pemberian Pupuk Secara Rutin

Selain menggunakan kompos, tanaman mangga juga perlu diberi pupuk NPK agar unsur hara yang diperlukan bisa tercukupi dan menghasilkan buah yang maksimal. 

Waktu pemupukan yakni setelah memberikan kapur dolomit, selang 15 hari kemudian tambahkan pupuk NPK dengan dosis 0,25 kg/pohon.

Caranya dengan melakukan penyiraman dengan air 2 x sehari pada pagi hari dan sore hari karena waktu pagi dan sore adalah waktu yang tepat untuk penyiraman. 

Untuk pemupukan susulan, Anda hanya memberikan pada 2 bulan sekali dengan dosis dan takaran yang sama.

Menjaga Dari Serangan Hama dan Penyakit

Umumnya tanaman mangga semakin menurun produktivitasnya karena serangan hama penyakit. Cara pemberantas hama pada tanaman mangga dengan mengambil tindakan pada pencegahan atau pemberantasanya. Baik secara manual atau dengan bantuan bahan organik seperti penyemprotan air bawang putih.

Itulah informasi tentang tips perawatan tanaman mangga agar bisa berbuah lebat mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !

Post a Comment for "Tips Perawatan Tanaman Mangga Agar Bisa Berbuah Lebat"