√ Cara Ternak Bebek Petelur Modern yang Menguntungkan - Agribisnis Agrokompleks

Cara Ternak Bebek Petelur Modern yang Menguntungkan

Cara Ternak Bebek Petelur Modern yang Menguntungkan
Cara Ternak Bebek Petelur Modern yang Menguntungkan - Ternak bebek bisa dijadikan salah satu peluang usaha yang menggiurkan. Ada dua jenis bebek, yaitu pedaging dan petelur. Telur bebek sendiri diketahui memiliki banyak khasiat untuk tubuh bila dibandingkan dengan telur ayam, karena menurut penelitian, kandungan vitaminnya lebih banyak. 
Cara ternak bebek petelur modern yang menguntungkan

Selain itu, harga jual telur bebek lebih tinggi dari telur ayam. Maka, tidak perlu diragukan lagi kalau bisnis ini menggiurkan karena berpotensi berikan banyak keuntungan. Buat yang masih pemula, tentu masih bingung bagaimana cara memulai budidaya bebek petelur secara modern. Berikut ini beberapa hal yang harus kamu perhatikan dan lakukan agar untung besar. 

Siapkan Modal

Tanpa modal, semua usaha tidak akan bisa berjalan dengan lancar. Modal digunakan untuk membeli segala sesuatu yang mendukung berjalannya proses bisnis. Dalam hal ternak bebek, modal digunakan misalnya untuk menyewa lahan, membuat kandang, membeli bibit, membeli pakan, biaya perawatan, dan lain-lainnya. 

Modal bisa didapatkan dari uang tabungan pribadi, atau dari pinjaman. Kalau uang pribadi sangat mencukupi, lebih baik menggunakannya, ketimbang harus memiliki utang dengan pihak bank, institusi pemberi pinjaman, atau orang lain. 

Persiapkan Lahan

Bebek termasuk ke dalam kategori unggas. Artinya, kamu perlu mempersiapkan lahan yang luas dan jauh dari pemukiman warga. Hal ini demi menghindarinya penularan penyakit berbahaya ke manusia, dari hewan unggas. Beternak bebek idealnya adalah dimulai sekitar 100 ekor. Pastikan kalau lahan yang kamu miliki cukup untuk menampung semuanya. 

Buat Kandangnya 

Ada banyak jenis kandang yang populer di kalangan peternak, tapi tiga jenis inilah yang paling sering digunakan, pertama yaitu kandang panggung, kandang litter, dan kandang sistem baterai. Kandang bebek jenis panggung memiliki bentuk seperti panggung dan berada di atas tanah. Kandang ini memiliki kelebihan membuat bebek terhindar dari risiko penyakit, karena alasnya selalu kering. Tapi, kekurangannya, bebek tidak bisa menerima mineral yang biasa terkandung di dalam tanah. 

Kandang litter, bentuknya seperti kandang pada umumnya, yaitu hanya terdiri dari pagar persegi, beserta ruang tertutup dan terbuka. Kandang jenis ini dinilai lebih murah pembuatannya. Terakhir kandang baterai. Kandang ini letaknya di atas, sama seperti kandang panggung, tapi bentuk kandang ini bertingkat, sekitar 3-4 tingkatan. Bagian alasnya dibuat miring 30 derajat ke depan untuk memudahkan menggelindingkan telur yang telah ditetaskan. Kandang jenis ini dinilai paling cocok untuk sebuah peternakan bebek. 

Ukuran kandang bebek petelur 100 ekor bisa lebih besar dari bebek pedaging, idealnya sih sekitar 4 x 14 meter2. Selain jenis dan ukuran, yang perlu diperhatikan dari kandang bebek adalah suhunya. Idealnya kandang bebek harus berada di suhu 27-30 derajat celcius. Cara menjaga suhu tetap ideal adalah dengan menutup sebagian sisi kandang dengan terpal. 

Membeli Bibit Bebek Petelur Berkualitas 

Setelah lahan dan kandang siap, selanjutnya kamu tinggal membeli bibit bebek petelur yang berkualitas. Di dalam peternakan, istilah bibit bebek disebut dengan Day Old Duck (DOD). DOD sudah bisa dibeli bahkan sejak berusia 1-10 hari setelah menetas. 

Agar ternak bebek petelur sukses, kamu harus memastikan bibit yang dibeli berkualitas. Ciri-ciri bibit yang berkualitas di antaranya adalah memiliki bobot 38-40 gram, gerakannya lincah dan agresif, tidak ada kecacatan di dalam fisiknya, paruhnya mengkilap, suaranya bagus, dan bulunya halus. Harga bebek petelur bervariasi, tapi rata-rata harganya sekitar Rp 950 ribu sampai Rp 1 juta per 100 ekor bibit. 

Memberi Pakan Bebek Petelur dan Perawatan Lainnya 

Sebelum memasuki masa panen, perawatan yang rutin diperlukan sampai usia bebek mencapai umur siap bertelur. Perawatan tersebut meliputi pemberian pakan setiap hari, pembersihan kandang, pemberian vaksin. Untuk bisa menghasilkan telur yang berkualitas, bebek petelur perlu diberikan pakan yang sesuai. Pakan tersebut harus mengandung tinggi protein, energi, dan mineral.

Beberapa peternak lebih memilih untuk meracik sendiri pakannya dari biji-bijian, dan sayuran yang kemudian dicampur dengan konsentrat pabrikan. Harga konsentrat bebek petelur 2019 berkisar Rp 600 ribuan per 50 kilogramnya. 

Selain pakan, jangan lupa juga untuk mengecek suhu kandang setiap saat. Pastikan suhunya berada di kisaran 27 sampai 30 derajat celcius. Kalau terlalu panas atau terlalu dingin, bebek akan rentan terhadap penyakit dan berisiko mengalami kematian. 

Panen Telur 

Pada umumnya, bebek bisa mengeluarkan telur pada usia 5 bulan sampai 7 bulan. Tapi di masa awal-awal umur produktif, jumlah telur yang dihasilkan masih belum stabil. Dari 100 ekor yang dimiliki, mungkin hanya 30 sampai 50 telur yang didapat. Lama kelamaan, telur yang dihasilkan bisa meningkat misal 70-80 telur per hari. Namun sayangnya, saat usia bebek menginjak angka 12 bulan ke atas, produktivitasnya akan menurun. Kamu bisa mengambil telur-telur tersebut setiap harinya jam 6 pagi.

Itulah informasi tentang cara ternak bebek petelur modern yang menguntungkan, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Cara Ternak Bebek Petelur Modern yang Menguntungkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel