Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menanam Rumput Jepang Di Halaman Rumah Untuk Mempercantik Taman

Menanam Rumput Jepang Di Halaman Rumah - Memiliki halaman yang luas tentunya perlu menanam berbagai tanaman hias yang bisa mempercantik penampilan rumah. Dalam menanam tanaman hias tentu harus lengkap kalian bisa memilih berbagai tanaman dan bahkan rumput juga bisa memperindah halaman rumah kalian jika menerapkan rumput yang indah. 

Menanam rumput jepang dihalaman rumah

Karena pada umumnya rumput juga berfungsi untuk mempercantik halaman rumah, disamping mempercantik halaman rumah manfaat menanam rumput juga bisa menahan tanah atau penahan debu ketika tersapu oleh air ataupun angin dan bahkan bisa sebagai tempat rekreasi keluarga jika malas bepergian.

Untuk menanam rumput di halaman rumah kalian bisa memilih berbagai jenis rumput yang bisa dipakai untuk mempercantik halaman rumah kalian. 

Nah, salah satu jenis rumput yang bisa kalian tanam di halaman rumah adalah rumput jepang apalagi rumput jepang sangat populer.

Mengapa dinamakan rumput jepang? Mungkin kalian berpikir bahwa rumput ini berasal dari jepang karena namanya, tapi ternyata rumput yang satu ini bukan berasal dari Negara Jepang, hanya saja dalam penyebutn namanya yang menjadi kebiasaan orang Indonesia yang suka memberi nama berdasarkan sesuatu yang mudah diingat.

Pada umumnya kebanyakan rumput memiliki ukuran yang panjang, tetapi rumput jepang memiliki ukuran yang pendek dengan tekstur yang kasar. 

Untuk itu rumput ini sangat bagus untuk di tanam di halaman rumah kalian dan bahkan bisa memperindah halaman rumah kalian. 

Nah, bagi kalian ingin menanam rumput jepang berikut ini tips dalam menanam rumput jepang yang bisa kalian ketahui untuk mempercantik halaman rumah.

Memilih Bibit Rumput Jepang

Untuk pemilihan bibit rumput jepang biasanya di toko dilakukan penjualan per meter atau dalam bentuk bongkahan. 

Untuk mendapatkan bibit yang baik kalian harus memperhatikan kriteria dalam memilh bibit, untuk itu jika kalian memilih bibit kalian harus memilih bibit rumput jepang harus berwarna hijau segar, bibit harus terlihat prima, tidak terserang hama dan penyakit, serta sehat dan kokoh serta kalian memilih yang teksturnya keras dan tidak layu

Membuat Lahan Tanam

Untuk membuat lahan tanam di halaman rumah kalian pertama kalian gemburkan lahan dengan cara mencangkulnya dengan kedalaman yang sesuai, setelah itu kalian tatakan permukaan tanah tersebut hingga merata. Tapi sebelum itu kalian bersihkan lahan tersebut dari sisa rumput dan batu.

Setelah lahannya bersih kalian bisa menaburkan pupuk kandang pada lahan yang telah diolah (rasio perbandingan pupuk kandang adalah 2:5, setiap 1 meter ditaburi 2,5 kg pupuk kandang).
Siram lahan agar pupuk meresap dengan baik dan biarkan selama 5-7 hari hingga media tanam bisa digunakan.

Proses Menanam

Untuk proses penanaman terlebih dahulu kalian siram bibit yang akan ditanam untuk menghilangkan kotoran, utnuk waktu yang terbaik untuk menanam rumput adalah saat sore menjelang malam (jika ditanam di pagi hari, rumput akan terbakar oleh paparan sinar matahari).

Cara menanamnya lakukan dengan membuat lubang tanam terlebih dahulu dengan jarak rapat 10×10 cm, kemudian tanam bibit ke dalam lubang, tutup, dan ratakan kembali. 

Setelah bibit ditanam kalian tinggal menyiram dengan air bersih dan lakukan [enyiraman secara rutin di awal penanaman.

Perawatan dan Pemeliharaan

Hal terpenting dalam menanam rumput jepang adalah bagaimana kalian melakukan perawatan dan pemeliharaan tanaman secara intensif, karena rumput yang ditanam akan tumbuh dengan optimal jika tidak melakukan perawatan dan pemeliharaan.

Hal yang pertama kalian lakukan untuk perawatan dan pemeliharaan yaitu lakukan penyiraman menggunakan air bersih 2 kali dalam sehari (pagi dan sore) dan gunakan selang atau gembor agar akar rumput tidak rusak.

Kemudian jika rumput jepang sudah berumur dua minggu setelah tanam, gunakan pupuk urea dengan dosis 1/2 kg untuk lahan 10 meter persegi dan ketika umurnya sudah 1,5 bulan, gunakan pupuk TSP dengan dosisi yang sama.

Kalian juga harus melakukan penyiangan dengan mencabut gulma atau rumput liar yang tumbuh di lahan tanam harus dilakukan agar rumput Jepang bisa tumbuh dengan seragam, hal ini kalian lakukan agar bisa mengusir serangga yang bisa merusak daun dari rumput. 

Tidak perlu menggunakan pestisida, cukup jaga lingkungan dan sanitasi lahan dengan bersih saja untuk merawatnya.

Nah, jika usia rumput sudah berumur sekitar tiga bulan, jangan lupa kalian melakukan pemangkasan agar akar rumput tetap terkena sinar matahari, cara ini juga dapat membuat rumput jepang tetap berwarna hijau karena jika tidak melakukan pemangkasan warna rumput akan berubah menjadi kuning hingga kecokelatan, atau bahkan tanaman ini bisa mati.

Itulah informasi tentang cara menanam rumput jepang dihalaman rumah untuk mempercanti taman, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !

Post a Comment for "Cara Menanam Rumput Jepang Di Halaman Rumah Untuk Mempercantik Taman"