√ Cara Ternak Kelinci yang Menguntungkan - Agribisnis Agrokompleks

Cara Ternak Kelinci yang Menguntungkan

Cara Ternak Kelinci yang Menguntungkan
Ternak Kelinci - Beternak kelinci merupakan usaha yang sangat menguntungkan karena kelinci memiliki masa produksi yang sangat cepat dibandingkan ternak lain sehingga bisa dijadikan prospek bisnis yang potensial. Pada umumnya kelinci diternak untuk dikonsumsi dagingnya dan bisa juga dijadikan sebagai kelinci hias.Cara ternak kelinci yang menguntungkan

Dalam ternak kelinci ada langkah-lagkah yang harus diperhatikan agar bisa menghasilkan kelinci yang berkualitas dan bisa dijadikan untuk peluang bisnis yang nilai ekonomi tinggi. Untuk itu kami akan memberikan informasi tentang cara ternak kelinci yang bisa menghasilkan keuntungan.

Pemilihan Induk Kelinci

Dalam ternak kelinci kalian harus memilih indukan kelinci yang berkualitas sehingga bisa menghasilkan anakan yang berkualitas juga. Kalian harus memilih indukan yang tidak terlalu gemuk dan tidak terlalu kurus.

Kalian juga harus memilih indukan betina yang dikenal memiliki anak banyak dan langsung jadi dalam sekali kawin. Indukan penjantan pun juga harus yang besar dan gagah sehingga dalam sekali perkawinan bisa langsung membuahi indukan dengan jumlah anak banyak.

Persiapan Kandang

Sebelum ternak kelinci untuk dijadikan bisnis tentu saja kalian perlu menyiapkan kandang kelinci. Kandang dapat dibuat sederhana maupun kandang yang berharga mahal. Apabila kalian ingin cara beternak kelinci, maka anda perlu mencari bahan kandang yang murah dan mudah ditemukan. Bisa terbuat dari bambu, kayu dan kawat ram.

Ukuran kandang harus disesuaikan dengan kelinci yang akan dipelihara. Nah, dalam ternak kelinci kalian juga harus memperhatikan setiap jenis kandang yang digunakan, kelinci dewasa perlu dibuatkan kandang yang besar kira-kira 70x60x50 meter agar dapat bergerak dengan leluasa, sedangkan untuk kelinci yang kecil dapat disesuaikan. Kandang perlu ditempatkan ditempat yang teduh dan tidak terpapar matahari secara langsung, tetapi kalian juga harus menempatkan kandang kelinci yang terkena sinar matahari pagi untuk menghindari penyakit.

Pemberian Pakan yang Baik

Setiap melakukan aktivitas ternak pakan sangat penting untuk menjaga kondisi ternak kalian, untuk pemberian pakan kelinci kalian perlu melakukan secara teratur dan sesuai jumlah yang dibutuhkan agar kelinci berkembang dengan baik. Untuk jenis pakan yang baik untuk ternak kelinci bisa menggunakan pakan konsentrat, hijauan atau gabungan dari keduanya.

Meskipun kelinci menyukai sayur sayuran namun sebaiknya tidak memberikan dalam jumlah yang berlebihan karena bisa menghasilkan produksi gas yang berlebihan dalam organ pencernaan kelinci akan membuat kelinci mudah kembung. Pemberian pakan penguat dapat diberikan saat pagi hari dan hijauan diberikan pada sore hari dalam jumlah cukup banyak.

Perkawinan Kelinci

Untuk perkawinan kelinci kalian harus memilih indukan yang berkualitas jadi kelinci yang di kawinkan bisa sekali jadi dan tidak memerlukan kawin ulang. Kalian bisa mengawinkan kembali kelinci yang sudah melahirkan selama satu bulan, karena induk kelinci masih menyusui anaknya setelah kawin.

Metode perkawinan seperti ini perlu didukung dengan perawatan dan pakan yang super berkualitas, karena kalian memaksakan kelinci untuk membenahi organ reproduksinya dengan cepat. Nah, jika kalian memperhatikan beberapa aspek yang terpenting dalam metode perkawinan kelinci kalian bisa membuat kelinci akan beranak setiap dua bulan sekali.

Perkawinan kelinci dapat dilakukan secara individual maupun kelompok. Untuk perkawinan individu maka induk pejantan dimasukkan kedalam kandang betina. Jangan sampai terbalik, agar betina sudah merasa ditempat yang nyaman. Sedangkan jika kalian melakukan perkawinan secara kelompok kalian bisa menggabungkan satu ekor pejantan dengan beberapa betina selama beberapa hari.

Proses Kelahiran dan Pembesaran kelinci

Kehamilan indukan kelinci berkisar selama 28-35 hari kemudian akan melahirkan anak kelinci. Jumlah anak kelinci bervariasi antara 4-12 ekor. Hal ini tergantung pada kualitas induk dan kualitas pakan yang diberikan. Pada umumnya kelinci hanya menyusui anaknya selama 2 bulan, tetatpi jika kalian melakukan ternak yang benar kalian bisa memangkas waktu tersebut untuk mempercepat cashflow kalian.

Panen Kelinci

Kalian dapat memanen kelinci jika sudah bisa mencapai sekitar 2 sampai 3 kg tergantung permintaan pasar agar dagingnya optimal. tetapi jika kalian menjual kelinci untuk sebagai bibit kalian bisa menjualnya dengan umur sekitar 2 bulan.

Itulah informasi tentang cara ternak kelinci yang bisa dijadikan bisnis yang menguntungkan, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

2 Responses to "Cara Ternak Kelinci yang Menguntungkan"

  1. Kebetulan saya beternak kelinci informasinya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  2. Terimakasih infonya gan

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel