√ Kendala dalam Pengembangan Pertanian Organik - Agribisnis Agrokompleks

Kendala dalam Pengembangan Pertanian Organik

Kendala dalam Pengembangan Pertanian Organik
Kendala dalam Pengembangan Pertanian Organik - Sistem pertanian organik merupakan cara budidaya pertanian yang mengandalkan bahan atau input alami tanpa menggunakan bahan kimia. Nah, dalam hal ini kami akan memberikan informasi tentang bagaimana kendala dalam pengembangan pertanian organik.
Kendala dalam Pengembangan Pertanian Organik

Rendahnya Kualitas Sumber Daya Manusia

Kendala dalam pertanian organik

Tingkat pendidikan masyarakat masih tergolong rendah, tingkat pendidikan masyarakat maupun petani yang rendah akan berpengaruh terhadap pola pikir masyaratkat dan petani. 

Kebanyakan petani beranggapan bahwa penggunaan pupuk maupun pestisida dari bahan organik tidak mampu meningkatkan produksi dan menekan kerusakan hama secara cepat jika dibandingkan dengan penggunaan pupuk maupun pestisida dengan bahan kimia aktif. 

Begitupun dengan konsumen, jarang yang memikirkan bahwa makanan yang dikonsumsi yang mengandung pestisida dari bahan kimia dapat merusak kesehatan, mereka lebih memilih bahan makanan yang murah meskipun jaminan kesehatannya kurang dibanding memilih bahan makanan organik yang harganya lebih mahal namun baik untuk kesehatan. 

Oleh karena itu perlunya dilakukan penyuluhan oleh pemerintah atau petugas-petugas penyuluhan baik penyuluh pertanian maupun penyuluh kesehatan bagi para petani dan masyarakat tentang bahaya dari residu pada bahan makanan dari penggunaan bahan kimia yang berlebihan. 

Kebiasaan Petani Dalam Menggunakan Pestisida Dan Pupuk Kimia

Kendala dalam Pengembangan Pertanian Organik

Petani pada umumnya melakukan kegiatan pertanian secara konvensional yang dikelola secara tradisional. Dalam hal ini petani pada umumnya ingin meningkatkan produktivitas hasil pertaniannya dengan cara selalu ketergantungan pada pupuk dan pestisida kimia. 

Kendala seperti ini sangat sulit dirubah karena biasanya petani ingin menghasilkan hasil pertaniannya sangat cepat. Oleh karena itu perlu upaya yang melibatkan banyak pihak, baik swasta maupun pemerintah dan tentu saja masyarakat itu sendiri untuk mulai menerapkan pertanian organik yang bisa dimulai dari diri sendiri dengan memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam sayuran untuk dikonsumsi sendiri secara organik. 

Belum Ada Jaminan Pasar Atau Harga Khusus Untuk Produk Organik

Kendala dalam pertanian organik

Untuk produk hasil pertanian organik belum ada jaminan pasar karena untuk produk pertanian organik masih terasa mahal bagi konsumen. Konsumen tidak mengetahui berapa harga produk tersebut dan dimana konsumen bisa mendapatkan produk tersebut. 

Disamping juga adanya suatu pemikiran konsumen apakah berbahaya bila mengkonsumsi produk organik tersebut. Oleh karena itu perlu adanya Jaminan Pasar Atau Harga Khusus Untuk Produk Organik agar dapat meningkatkan antusias petani dalam menerapkan pertanian organik.

Itulah informasi tentang bagaimana kendala dalam pengembangan pertanian organik, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

4 Responses to "Kendala dalam Pengembangan Pertanian Organik"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel