√ Budidaya Mawar Hidroponik - Agribisnis Agrokompleks

Budidaya Mawar Hidroponik

Budidaya Mawar Hidroponik
Budidaya Mawar Hidroponik  - Mawar dapat dibudidayakan dengan berbagai cara yaitu dengan stek batang, okulasi dan bisa dengan biji. Menanam mawar dalam pot biasanya dengan stek batang akan lebih mudah. Hanya saja perlu diperhatikan masalah pemupukan. 
Budidaya mawar hidroponik

Dalam memilih stek bunga mawar usahakan mengambil batang bagian tengah, jangan mengambil batang yang masih muda ataupun ujungnya karena akan susah tumbuh.

Sebelum menanam bunga mawar sebaiknya media tanam terlebih dahulu di sterilkan. Media hidroponik yang biasa digunakan antara lain serat sabut kelapa, sekam bakar, dan rockwool disteril terlebih dahulu untuk mencegah penyebaran penyakit menular dari tanah yang merugikan tanaman. 

Media dimasukkan ke dalam karung lalu disteril dengan menggunakan uap air yang dialirkan pada bak tempat karung-karung diletakkan. Sterilisasi dilakukan selama 4 jam. Media yang telah steril dimasukkan ke dalam pot sebagai media tempat tumbuh tanaman. 

Bibit yang telah siap tanam dicuci dengan air kemudian dicelupkan ke dalam larutan benlate untuk menghindari penyakit yang dapat mematikan tanaman. Akar yang terlalu panjang dipotong dengan tidak merusak akar utama. 

Pada beberapa penelitian, hasil percobaan menunjukkan bahwa kultivar mawar yang baik untuk budidaya secara hidroponik yaitu Cherry Brandy, Black Magic, Grand Gala diikuti dengan Fist Red. Sedang media yang cocok untuk hidroponik mawar yaitu rockwool diikuti oleh sekam bakar.

Itulah informasi tentang cara budidaya bunga mawar menggunakan sistem hidroponik, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

1 Response to "Budidaya Mawar Hidroponik"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel